Copy of D1_Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Obat Maag
Ahlinya Lambung

Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Obat Maag?

31 March 2020 - 3 menit membaca

Saat sedang hamil, khususnya bagi kamu yang baru hamil untuk pertama kalinya, tentu membuat kamu berhati-hati. Jika kamu mengalami gejala maag yang mengganggu, mungkin kamu berpikir untuk minum obat maag. Namun, apakah benar ibu hamil boleh minum obat maag? Simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

Alasan ibu hamil rentan mengalami gejala maag

Ibu hamil boleh minum obat maag atau tidak, sering dipertanyakan. Namun, sebelumnya pahami dulu mengapa kehamilan menjadi salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko mengalami nyeri ulu hati. Kondisi tersebut biasanya terjadi pada kehamilan trimester pertama dan ketiga. 

Penyebab terjadinya nyeri ulu hati pada trimester pertama akibat pengaruh hormon sehingga kadang menyebabkan napsu makan menurun dan akhirnya sakit maag.

Sementara itu, pada trimester ketiga, nyeri ulu hati terjadi karena pertumbuhan bayi di dalam kandungan membuat perut semakin besar sehingga mendorong makanan atau asam lambung kembali ke kerongkongan. Kondisi ini akan menghilang setelah wanita hamil melahirkan karena dorongan perut ke arah kerongkongan  sudah tidak ada. 

Jika selama kehamilan ibu hamil mengalami gejala maag, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat maag. Jangan khawatir karena ibu hamil boleh minum obat maag asal sesuai aturan. 

Lalu, ibu hamil boleh minum obat maag jenis apa dan apa yang harus dihindari?

Kandungan obat maag yang aman untuk ibu hamil

Ibu hamil boleh minum obat maag, bahkan ibu hamil boleh langsung membelinya di apotek. Akan tetapi, kandungan pada tiap-tiap obat tetap harus diperhatikan. 

Menurut Gerald Briggs, seorang ahli farmasi pada Baby Center, ibu hamil boleh minum obat maag seperti antasida, termasuk yang memiliki kandungan magnesium hidroksida atau magnesium oksida. Akan tetapi, kamu juga tetap harus tetap berhati-hati untuk mengonsumsi obat maag yang mengandung magnesium. 

Pada trimester ketiga, kandungan magnesium di dalam obat maag dapat mengganggu kontraksi saat proses bersalin. Untuk lebih jelasnya, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan membantu kamu mencari tahu kandungan apa saja yang boleh atau tidak boleh ada pada obat maag yang ibu hamil minum.

Jika kamu seorang ibu hamil dan mengalami gejala maag, kamu boleh minum obat Promag tablet dan cair. Di dalam kandungan obat ini terdapat magnesium hidroksida dan simethicone. Kedua kandungan obat tersebut aman dan juga tahan lama mengatasi gejala sakit maag pada ibu hamil. 

Selain itu, ibu hamil boleh minum obat maag yang satu ini karena obat ini bisa bekerja cepat atasi sakit maag dengan cara menetralkan asam lambung. Terdapat dua sediaan obat maag yang boleh ibu hamil minum, yaitu tablet dan cair. Ibu hamil yang ingin mengonsumsi Promag juga boleh minum sediaan tablet, karena obat maag ini tersedia dalam tablet yang bisa dikunyah. 

Kandungan obat maag yang tidak aman untuk ibu hamil 

Meski ibu hamil boleh minum obat maag, tapi tidak semua kandungan yang terdapat pada obat maag boleh dan aman untuk ibu hamil minum. Maka dari itu, saat hamil, kamu harus benar-benar memperhatikan tiap-tiap kandungan obat maag yang boleh kamu minum. 

Ibu hamil perlu memperhatikan kandungan obat maagnya, jika mengandung alumunium sebaiknya pastikan ada kandungan magnesiumnya juga sehingga efek samping aluminium yang biasanya sembelit dapat diatasi dengan kandungan magnesiumnya sehingga BAB tetap  lancar.

Ibu hamil boleh minum obat maag, tetapi harus memperhatikan setiap kandungan obat yang hendak dibelinya. Jika perlu, tanyakan kepada apoteker mengenai kandungan apa saja yang terdapat pada obat maag. Dengan begitu, ibu hamil bisa mengonsumsi obat maag yang benar-benar aman.

Referensi: 

Briggs, G. Which Heartburn Medicines Are Safe During Pregnancy?. Retrieved 31 January 2020, from https://www.babycenter.com/404_which-heartburn-medicines-are-safe-during-pregnancy_1440876.bc

Story, CM. (2017). Heartburn, Acid Reflux, and GERD During Pregnancy. Retrieved 31 January 2020, from

https://www.healthline.com/health/gerd/pregnancy#safe-medications

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) During Pregnancy. Retrieved 31 January 2020, from https://www.uofmhealth.org/health-library/aa130363

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif