Copy of C1_Cara Cepat Atasi Perut Sakit Maag Setelah Makan Pedas
Ahlinya Lambung

Cara Cepat Atasi Perut Sakit Maag Setelah Makan Pedas

31 March 2020 - 3 menit membaca

Konsumsi makanan pedas memang terasa nikmat, namun bisa saja kamu merasa perut sakit setelah makan pedas.  Rasa sakit yang kamu rasakan di area perut tidak selalu membuat kamu ingin buang air. Mungkin saja rasa sakit perut yang kamu rasakan adalah sakit maag.

Namun, apa benar perut sakit setelah makan pedas disebabkan sakit maag? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa sakit perut maag setelah makan pedas?

Merasakan sakit perut sehabis makan pedas sebenarnya hal yang wajar terjadi. Pasalnya, di dalam makanan pedas terdapat zat aktif yang disebut capsaicin. Zat ini dapat menimbulkan iritasi pada lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. 

Saat itulah terasa nyeri pada ulu hati hingga perut terasa sakit sehabis makan pedas. Oleh karenanya, untuk mengurangi rasa sakit pada perut, akan lebih baik jika Anda mulai mengontrol atau bahkan mengurangi makan makanan pedas. 

Berdasarkan sebuah artikel pada Harvard Health, makanan yang bertahan terlalu lama meningkatkan tekanan dalam perut. Hal ini menyebabkan dorongan pada katup otot antara perut dan esofagus terbuka. Oleh karena itu, asam lambung naik dan keluar dari perut menuju esofagus. 

Cara cepat mengatasi perut sakit maag setelah makan pedas 

Meski perut sakit setelah makan makanan pedas merupakan hal yang umum terjadi, bukan berarti kamu boleh menyepelekannya. Untuk itu, kamu bisa memilih berbagai cara untuk mengatasi perut sakit setelah makan pedas berikut ini. 

1. Minum obat maag 

Pada orang yang sensitif terhadap makanan pedas, biasanya perut akan terasa sakit setiap makan pedas, dan sakit maag pun bisa kambuh. Jika hal ini terjadi kamu tidak perlu khawatir. Ada cara paling cepat untuk meredakan perut sakit maag sehabis makan makanan pedas, yaitu dengan minum obat. Promag double action adalah obat maag yang dapat meredakan dengan cepat rasa sakit perut yang kamu rasakan.

Obat ini bekerja dengan aksi ganda, yaitu dengan menetralkan serta menekan produksi asam lambung di dalam perut. Kandungan dua antasida di dalamnya, calcium carbonate dan magnesium hydroxide, dapat membantu kamu menetralkan asam lambung dengan cepat dalam hitungan detik. 

Selain itu, kandungan famotidine dapat mengurangi produksi asam lambung dalam durasi waktu yang lebih panjang. Perlu diingat , sebelum menggunakan obat ini, baca aturan penggunaan obat terlebih dahulu.  

2. Hindari makan terlalu banyak 

Saat makan ramai-ramai bersama teman, kamu mungkin ‘lupa diri’ sampai makan terlalu banyak. Jika perut kamu sakit, sebaiknya hindari terlalu banyak makan. Mengapa?  Saat perut sakit karena makan makanan pedas, dikhawatirkan tekanan dalam perut memaksa katup otot penghubung perut dan esofagus terus terbuka.

Katup yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya ini dapat menyebabkan asam lambung yang sudah tinggi dan seharusnya tetap berada di dalam perut, naik menuju esofagus. 

Biasanya, asam lambung yang naik atau disebut sebagai refluks asam lambung ini muncul setelah kamu makan. Gejala yang akan timbul seperti rasa panas seperti terbakar di dada, rasa asam atau pahit di mulut, bahkan kadang dirasakan seperti gejala sakit jantung.

Tidak hanya itu, semakin banyak makanan yang kamu konsumsi, akan semakin parah gejala refluks yang kamu alami. Oleh karenanya, agar perut tidak mudah terasa sakit akibat makan makanan pedas, makanlah secukupnya. 

3. Longgarkan pakaian

Selain beberapa cara di atas, cara yang bisa segera kamu lakukan jika perut sakit setelah makan pedas adalah melonggarkan pakaian, ikat pinggang, atau apa pun yang menekan tubuhmu. Hal ini disebabkan pakaian yang terlalu ketat atau ikat pinggang yang terlalu kencang akan semakin menekan perutmu. 

Tekanan pada perut justru memperparah rasa sakit dan berpotensi membuat asam lambung naik ke esofagus hingga menyebabkan nyeri di ulu hati. Untuk mencegah terjadinya kondisi-kondisi tersebut, segera longgarkan pakaian dan ikat pinggang saat perut sudah terasa sakit akibat makan makanan pedas. 

4. Ubah posisi tidur

Jika gejala maag kambuh setelah makan pedas, sebaiknya kamu mengubah posisi tidurmu. Jika biasanya kamu tidur dalam posisi sejajar dari kepala hingga kaki, perut yang terasa sakit mungkin bisa lebih mereda saat kamu tidur dalam posisi tubuh bagian atas lebih tinggi dibanding tubuh bagian bawah. 

Haal tersebut dapat meredakan sakit perut seteah makan pedas. Selain itu, biasakan untuk tidak tidur setelah makan, beri jarak lebih dari 2 jam setelah makan agar asam lambung tidak naik dari perut ke esofagus. 



Referensi: 

Raman, R. (2018). 11 Food That Can Cause Heartburn. Retrieved 31 January 2020, from

https://www.healthline.com/nutrition/foods-that-cause-heartburn


What to eat when you have chronic heartburn. Retrieved 31 January 2020, from https://www.health.harvard.edu/diseases-and-conditions/what-to-eat-when-you-have-chronic-heartburn


Galan, N. (2018). What to drink if you have acid reflux. Retrieved 31 January 2020, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/314886.php


Carey, E. Cruickshank, H. (2018). How to Get Rid of Heartburn. Retrieved 31 January 2020, from https://www.healthline.com/health/gerd/heartburn-relief

Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Cara Menurunkan Asam Lambung yang Efektif