Copy of D2_cara mengobati sakit maag dengan cepat
Ahlinya Lambung

Cara Mengobati Sakit Maag dengan Cepat di Sela Aktivitas Padat

31 March 2020 - 3 menit membaca

Memiliki aktivitas yang padat, seperti bekerja seharian di kantor atau dikejar deadline yang menumpuk, tak jarang menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satu kondisi kesehatan yang sering terjadi akibat kesibukan sehari-hari adalah gangguan pencernaan, termasuk sakit maag. Lantas, bagaimana cara mengobati sakit maag dengan cepat di tengah-tengah kesibukanmu? Simak terus artikel ini untuk tahu jawabannya.

Cara mengobati sakit maag dengan cepat sewaktu beraktivitas

Maag dapat dipicu oleh berbagai kondisi, mulai dari pola makan yang kurang baik hingga pikiran yang dipenuhi oleh berbagai tekanan. Nah, untuk mengobati maag dengan cepat, berikut adalah cara-cara yang dapat kamu coba agar dapat kembali melanjutkan aktivitas tanpa diganggu rasa sakit akibat maag.

1. Makan dengan porsi sedikit, tapi sering

Saat aktivitas padat, tak jarang kita merapel porsi dua kali makan dalam satu waktu demi menghemat waktu. Padahal, makan terlalu banyak bisa memicu masalah pencernaan.

Porsi makanan yang terlalu banyak dapat menekan isi lambung. Belum lagi, karena terburu-buru, kita sering mengunyah makanan terburu-terburu. Hal ini membuat lambung bekerja lebih keras.

Meningkatnya beban kerja lambung dapat menyebabkan pelepasan asam lambung lebih banyak dan mempermudah munculnya keluhan maag.

Cara untuk mengobati sakit maag dengan cepat salah satunya adalah dengan membagi waktu makan jadi lebih sering. Misalnya, jika kamu terbiasa makan 3 kali sehari, bagilah menjadi 5-6 kali sehari.

Ingat, pastikan porsi pada setiap makanan tidak berlebihan, ya.

2. Istirahat sejenak

Kegiatan yang terlalu padat mungkin membuat kamu jadi lupa waktu dan kurang istirahat. Ketika sakit maag menyerang, ada baiknya kamu berhenti sejenak dari semua aktivitas. Istirahat cukup sampai kondisi perut terasa lebih baik adalah cara mengobati sakit maag dengan cepat dan ampuh.

Hindari memaksakan diri hingga kehabisan energi. Tubuh yang kurang istirahat dan terlampau lelah justru semakin memperparah sakit maag yang diderita. Maka itu, prioritaskan waktu istirahat dan kesampingkan terlebih dahulu seluruh kesibukan agar tubuh dapat pulih dengan cepat.

Dengan begitu, pekerjaanmu juga bisa selesai dengan baik, bukan?

3. Hindari kopi dan minuman bersoda

Tidak jarang, orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi minum kopi sebagai suntikan energi untuk menghadapi kesibukan. Nyatanya, kandungan kafein di dalam kopi justru menjadi pemicu produksi asam lambung berlebih.

Selain kopi, konsumsi minuman bersoda juga berpotensi menyebabkan terjadinya maag. Sebuah penelitian dari University of Arizona menunjukkan bahwa minuman bersoda berisiko meningkatkan produksi asam lambung.

Agar tidak semakin parah, cara mengobati sakit maag dengan cepat yang dapat kamu lakukan adalah dengan menghindari kopi dan minuman bersoda untuk sementara. Daripada mengonsumsi jenis-jenis minuman tersebut, sebaiknya minum air putih yang cukup untuk membantu menetralkan asam lambung.

Tidak hanya air putih, kamu juga bisa menyeduh jahe panas untuk mengurangi rasa tidak nyaman di perut akibat maag. Menurut sebuah studi dari Herbal Medicine, jahe diyakini dapat membantu meredakan mual, yang merupakan salah satu gejala maag.

4. Kelola stres dengan baik dan benar

Beban kerja yang menumpuk serta kesibukan yang seolah tidak ada habisnya sering kali memicu stres. Padahal, stres adalah salah satu faktor utama terjadinya gangguan pencernaan, termasuk sakit maag.

Ketika sedang didera stres, sistem saraf pusat akan mengaktifkan reaksi defensif pada tubuh. Hal tersebut berpotensi meningkatkan produksi asam di dalam lambung, sehingga terjadilah sakit maag.

Maka dari itu, usahakan untuk mengendalikan stres yang sedang kamu alami. Hindari hal-hal yang bisa membuat kamu semakin stres dan lakukan hal menyenangkan yang bisa membantu mengalihkan pikiranmu sejenak.

Untuk yang satu ini, cara mengobati sakit maag dengan cepat yang bisa kamu lakukan adalah mencoba teknik pernapasan tertentu, mendengarkan lagu, atau jalan-jalan sembari menghirup udara segar.

5. Minum obat maag

Tuntutan kesibukan dan pekerjaan yang mengharuskan semuanya berjalan baik, membuat sakit maah tidak boleh berlama-lama, cara mengobati sakit maag dengan cepat dan ampuh adalah dengan minum obat maag. Minumlah obat maag yang bekerja cepat dan bertahan lebih lama agar aktivitas sehari-harimu tidak terganggu.

Untuk solusi sakit maag yang muncul di sela-sela kesibukan, kamu bisa memilih Promag Double Action yang diformulasikan khusus sebagai cara mengobati sakit maag secara cepat. Obat ini mengandung aksi ganda antasida yang membantu menetralkan asam lambung dengan cepat (dalam hitungan detik) , serta Famotidine yang efektif mengurangi produksi asam lambung dan kerjanya bertahan lama .

References:

Iliades, C. (2018). How Stress Affects Digestion. Retrieved 31 January 2020, from https://www.everydayhealth.com/wellness/united-states-of-stress/how-stress-affects-digestion/

Wong, C. (2020). Natural Remedies to Soothe Indigestion. Retrieved 31 January 2020, from https://www.verywellhealth.com/natural-remedies-to-soothe-indigestion-89154

Higuera, V. (2019). How to Treat Indigestion at Home. Retrieved 31 January 2020, from https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-indigestion

Gotter, A. (2019). What to Drink for Acid Reflux. Retrieved 31 January 2020, from https://www.healthline.com/health/gerd/beverages

What Lifestyle Changes Help Manage Heartburn?. (n.d.). Retrieved 31 January 2020, from https://www.webmd.com/heartburn-gerd/guide/lifestyle-changes-heartburn

Johnson, T., Gerson, L., Hershcovici, T., Stave, C., & Fass, R. (2010). Systematic review: the effects of carbonated beverages on gastro-oesophageal reflux disease. Alimentary Pharmacology & Therapeutics, 31(6), 607-614. doi: 10.1111/j.1365-2036.2010.04232.x

Dong, Z. (2019). Chapter 7 The Amazing and Mighty Ginger.


Artikel Terkait
Ahlinya Lambung

Mengatasi Nyeri Ulu Hati Saat Hamil

Ahlinya Lambung

Berbagai Gejala Penyakit Maag yang Harus Dikenali

Ahlinya Lambung

Penyebab Sakit Maag yang Harus Kita Waspadai